BISNIS ONLINE SHOP TUGAS AKHIR LINGKUNGAN BISNIS

BISNIS ONLINE SHOP
TUGAS AKHIR LINGKUNGAN BISNIS




Disusun Oleh :
Nama : Putra Dwi Risman
Nim : 16.11.0021
Kelas : S1 TI 01

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
AMIKOM YOGYAKARTA

ABSTRAK
            Seperti yang kita ketahui bahwa internet merupakan media komunikasi dan informasi yang menghubungkan seluruh dunia, maka tidak heran jika kini internet semakin dipercaya menjadi sarana untuk mengiklankan event-event dan produk-produk yang di perdagangkan. Dengan adanya perkembangan smartphone yang sangat pesat, tentunya internet semakin mudah diakses siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Hal tersebut membuat peluang bisnis dengan internet (bisnis online) semakin baik dan semakin diminati para pengusaha yang bermaksud melebarkan jaringan atau memang sengaja memulai usaha dengan media internet.
Salah satu bisnis atau usaha di internet yang sedang booming sekarang ini adalah online shop. Daya tarik dari online shop adalah “simpel”, karena menghemat banyak waktu dan tenaga serta bisa dibilang hanya bermodalkan website atau situs-situs media sosial lainnya seperti facebook, twitter, instagram, dll. Kemudahan dan peluang bisnis yang semakin menjanjikan ini, memicu banyaknya online shop baru yang bermunculan setiap harinya.
Menjamurnya bisnis online shop tentu membuat persaingan bisnis online shop semakin ketat. Mungkin semua orang bisa membuka usaha online shop, tapi tidak semua online shop dapat bertahan dalam waktu yang lama apalagi berkembang. Untuk dapat bertahan dan berkembang, maka sangat diperlukan trik atau strategi yang baik dalam pengelolaannya.

PEMBAHASAN
Adapun langkah-langkah untuk memulai bisnis online shop adalah sebagai berikut:

  •   Langkah 1
Menentukan apa yang akan dijual dengan cara riset produk, cari produk yang cepat laku dan perputarannya cepat. Mengenai jenis produknya, bisa berbentuk produk fisik, jasa, ataupun digital.
  • Contoh barang fisik, sabun herbal, obat herbal, jam tangan, smartphone, motor, mobil, makanan, pernak-pernik aksesoris, rumah dan bangunan, dan apa saja yang bisa Anda tangkap.
  • Contoh barang digital, bisa berupa ebook, produk-produk informasi, kursus online, software.
  • Contoh jasa, bisa dengan menyediakan jasa pembuatan website, jasa online marketing, rental mobil, agen tour & travel, agen umroh & haji, dan jasa-jasa yang lain.
Untuk proses belajar mulailah dengan menjual produk orang lain, bisa dengan konsep dropship, reseller, maupun kemitraan dengan produsen.
  •   Langkah 2
Tahapan selanjutnya adalah membuat id pada situs-situs yang ingin digunakan sebagai media atau bias dibilang sebagai lapak online, seperti website, facebook, twitter, instagram, dll.
  •   Langkah 3
Langkah terakhir adalah promosi. Setelah mempunyai lapak dan mengisi dengan produk / jasa yang akan ditawarkan, maka lanjutkan dengan promosi aktif.
Adapun trik dan tips mengembangkan bisnis online shop adalah sebagai berikut:
  •  Tentukan Media Online (Promosi)
Media sosial yang dipilih hendaklah media sosial yang bias menampilkan gambar dan informasi dengan jelas.  
  •   Aktif
Keaktifan seorang penjual online sangat menentukan bisnis onlinenya berkembang atau tidak. Respon yang lambat terhadap seorang calon pembeli akan membuat calon pembeli lari ke tempat lain.
  •  Pelayanan
Agar online shop anda berkembang adalah dengan meningkatkan pelayanan. Online shop dengan produk yang sama mungkin banyak, namun online shop dengan pelayanan yang memuaskanlah yang dapat bertahan. Pelayanan yang memuaskan dapat dibuktikan dengan keramahan Anda pada calon pelanggan, kecepatan dalam menjawab pertanyaan atau keluhan pelanggan.
  •   Tampilan yang menarik
Sebuah online shop akan menarik banyak pembeli jika gambar-gambar yang disajikan terlihat segar dan menarik. Oleh karena itu anda harus kreatif mencari ide-ide baru agar bisa membuat tampilan online shop anda tidak membosankan. Gambar-gambar di sajikan dengan warna yang cerah dan kualitas gambar yang baik sehingga calon pembeli anda akan mendapatkan gambaran yang jelas dari produk yang akan di pilihnya.
  •   Kwalitas
Kwalitas produk harus bagus. Kwalitas baik ini memang tidak bisa dibuktikan secara langsung karena cara berjualan ini secara onlien sehingga untuk menguatkan bahwa kwalitas barang anda bagus, bisa dibuat artikel pendukung tentang keunggulan produk yang anda jual.
  •   Produk yang Up to date
Banyak online shop yang akhirnya tidak berkembang karena menawarkan produk yang sudah ketinggalan jaman. Oleh karena itu harus selalu mencari info, tipe barang apa yang sedang menjadi trend di masyarakat, sehingga online shop bisa menyediakan produk-produk terbaru yang sedang menjadi pusat perhatian masyarakat, agar bisa mendatangkan banyak calon pembeli. 
  •  Pendapat Konsumen
Anda bisa memasang pendapat dari beberapa konsumen anda yang telah menggunakan produk anda pada website. Pendapat dari mereka bisa menjadi promosi untuk orang lain atau pembaca lainnya.
  •   Kemudahan Cara Berbelanja
Tips lain agar online shop cepat berkembang adalah dengan memberikan kemudahan berbelanja. Berikan informasi yang singkat tentang bagaimana tata cara pemesanan dan pembayaran barang. Sediakan banyak cara agar calon konsumen mudah menghubungi , misal nomer handphone, pin Blackberry, YM, atau email. Selain memberikan kemudahan, hal ini juga akan menimbulkan rasa aman dari calon pembeli. 
Untuk era seperti sekarang ini, bias dibilang onlineshop merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan. Namun, yang perlu diperhatikan, sebagus apapun peluangnya, yang terpenting adalah upaya dan strategi kita untuk memanfaatkan dan memaksimalkan peluang agar mendapatkan hasil yang baik.


REFERENSI
https://nessaifana.wordpress.com/bab-1-pengertian-internet-dan-intranet/
http://www.jasatulisartikel.com/blog/peluang-usaha-buatlah-online-store-dan-anda-akan-kaya
http://menjadiwirausaha.com/kiat-sukses-bisnis-online-dan-online-shop/
http://webhostmu.com/cara-memulai-bisnis-online-bagi-pemula/
http://artikel.okeschool.com/artikel/pekerjaan/233/cara-mudah-mengembangkan-bisnis-online-shop.html


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BISNIS ONLINE SHOP TUGAS AKHIR LINGKUNGAN BISNIS"

Posting Komentar