KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS Peluang Bisnis Desain Grafis

KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
Peluang Bisnis Desain Grafis






Disusun Oleh :
Nama : Putra Dwi Risman
Nim : 16.11.0021
Kelas : S1 TI 01



KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas karunia dan rahmat-Nya, saya sebagai penulis dapat menyusun karya tulis ilmiah yang berjudul “Desain Grafis” dengan lancar.
Harapan saya dengan terselesaikannya karya ilmiah ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Lingkungan Bisnis dan agar dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca.
Saya menyadari bahwa karya limiah ini masih jauh dari sempurna dengan keterbatasan yang kami miliki. Tegur sapa dari pembaca akan kami terima dengan tangan terbuka demi perbaikan dan penyempurnaan karya ilmiah ini. 
                                                                                                            Penulis


                                                                                                Putra Dwi Risman


           ABSTRAK

Desain Grafis merupakan salah satu lahan bisnis yang tumbuh pesat. Desain grafis tidak hanya sekedar hobi tapi juga bisa disalurkan lewat bisnis. Dimana pada saat  ini  banyak pihak yang membutuhkan hasil-hasil karya design grafis untuk suatu kepentingan tersendiri. Semua orang bisa menjalani bisnis ini karena pada dasarnya design grafis itu adalah berhubungan dengan imajinasi dan kreatifitas masing-masing dan setiap individu punya imajinasi, tinggal bagaimana orang tersebut bisa mengasahnya agar dapat menjadi lebih profesional lagi.


                                                                  ISI
A. Pengertian Desain Grafis

      Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. desain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art.


Beberapa tokoh yang berpendapat tentang desain grafis :
  1. Suyanto desain grafis didefinisikan sebagai ”aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri“.
  2. Jessica Helfand mendefinisikan desain grafis sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat.
  3. Danton Sihombing desain grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi
  4. Michael Kroeger visual communication (komunikasi visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran (juxtaposition).
  5. Blanchard mendefinisikan desain grafis sebagai suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan.


             B.    Kategori Desain Grafis

1.      Printing (Percetakan)
       Percetakan adalah sebuah proses industri untuk memproduksi secara massal tulisan dan gambar, terutama dengan tinta di atas kertas menggunakan sebuah mesin cetak. Dia merupakan sebuah bagian penting dalam penerbitan dan percetakan transaksi. Printing sendiri memuat memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis dalam bentuk cetak.

2.      Web Desain
       Web Design adalah sekumpulan konten online termasuk dokumen dan aplikasi yang berada pada server web / server yang dibuat atau di desain semenarik mungkin.

3.      Film
       Desain grafis yang berkaitan dengan industri perfilman dan TV mencakup beberapa kegiatan, antara lain, konsep visual, story board, tittle & credits, spesial effect, stage design, sampai ke materi promosi berupa spanduk, poster film, iklan dan juga materi hasil produksi berupa VCD atau DVD dari film tersebut.

4.      EGD (Environmental Graphic Design), Identifikasi (Logo)
       Kedua bidang (EGD dan Logo) merupakan desain profesional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman.

5.      Desain Produk
      Desain produk bisa disebut juga sebagai Industrial Design yang merupakan bidang ilmu dalam perencanaan dan perancangan barang untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sebuah karya desain dianggap sebagai kekayaan intelektual karena merupakan hasil buah pikiran dan kreatifitas dari pendesainnya, sehingga dilindungi hak ciptanya oleh pemerintah melalui Undang-Undang No. 31 tahun 2000 tentang Desain Industri.Jangka waktu perlindungan untuk desain industri adalah 10 tahun terhitung sejak tanggal penerimaan permohonan Desain Industri ke Kantor Ditjen Hak Kekayaan Intelektual

              C. Skill yang Harus Dimiliki Desain Grafis

1.      Memiliki Ciri Khas
      Ciri khas merupakan sebagai tanda tangan desainer tersebut. Ketika desain Anda perlu untuk menjangkau khalayak yang ditargetkan, ciri khas akan menjadi ikon untuk mengenali karya Anda di depan para penikmat karya Anda. Seperti anda sedang di tuntut untuk membuat karya yang unik ciri khas anda akan meninggalkan jejak di benak penonton atas karya yang kita buat.

2.      Management Proyek
      Banyak desainer mempertimbangkan pekerjaan secara cukup, tapi pada proyek-proyek besar itu benar-benar membantu untuk memiliki pemahaman fundamental manajemen proyek. Seorang desainer yang dapat mengelola/memanagemen proyek yang sedang ia buat merupakan keunggulan plus dari desainer lain yang tidak memanagenem karya mereka.

3.      Typography
     Tipografi adalah salah satu hal penting dalam periklanan sebuah perusahaan untuk meninjau portofolio desain mereka. Mungkin typography merupakan hal yang masih diremehkan oleh kalangan desain grafis, typography memerlukan pemahaman yang kuat tentang font apakah font itu mudah di baca bagaimana rancangan font yang baik, penggunaan line-hight serta kerning dan tracking font yang digunakan.

4.      Berfikir Kreatif
       Berfikir kreatif merupakan aset penting yang harus di miliki setiap desain grafis yang profesional dengan mengambil sesuatu yang kurang dan tidak lengkap kemudian merubahnya menjadi sesuatu yang luar biasa dan beda dari yang sudah ada.

5.      Print Desain dan Layout
        Desain cetak juga memerlukan pemahaman yang baik  tentang konsep-konsep seperti pemisahan warna, layout grid, dan halaman master. Salah satu yang paling dicari pengusaha setelah keterampilan adalah mencari seorang desainer yang faham tentang produksi cetak digital.

6.      Web Design
         Memiliki pemahaman yang jelas tentang pengembangan web lebih penting daripada sebelumnya di usia di mana iklan online, dan kehadiran web sangat penting untuk setiap kampanye pemasaran. Desainer grafis biasanya diharapkan memiliki beberapa pemahaman dasar HTML dan CSS, serta standar desain web.

7.      Fotografi
       Jika Anda ingin dianggap sebagai seorang desainer grafis yang baik, cepat atau lambat Anda akan perlu untuk mengambil gambar. Jika Anda cukup beruntung untuk bekerja di sebuah perusahaan yang memasok Anda dengan kamera, manfaatkan itu. Seberapa mungkin kamera bisa memenuhi standar seorang desainer? Sebuah kamera dapat memberikan cahaya yang cukup untuk menerangi subjek yang memadai. Hal ini dapat dilakukan dengan flash built-in atau dengan lampu kilat add-on.

8.      Jaringan
       Untuk menjadi sukses dalam berkarir di bidang desain grafis, setiap bimbingan dan dukungan dari orang lain sangat penting. Ini terutama berlaku bagi desainer yang harus menghabiskan sebagian besar waktu mereka di kantor-kantor atau studio mereka. Membangun jaringan individu yang memiliki kepentingan bersama dalam karir Anda. Melalui Desainer Lainnya, Pemasaran Ahli, Desainer Web, Desain Blog, Majalah Desain, Fotografer, SEO, Majalah, dan Penerbit adalah salah satu cara yang paling efektif untuk memperkuat jaringan Anda .

9.      Komunikasi
      Kemampuan berkomunikasi merupakan dasar dari segala sesuatu seorang desainer, tetapi tugas ini tidak dimulai atau diakhiri dengan komunikasi visual saja, melainkan seorang desainer harus mampu mengartikulasikan ide dan konsep mereka kepada atasan dan klien dengan mudah dan lancar.

10.  Pemasaran Media Solsial
         Keterampilan ini sangat penting untuk setiap individu yang ingin mempromosi brand mereka sendiri, produk atau jasa di pasar saat ini. Sebuah perusahaan memahami nilai dari aplikasi media sosial seperti : Myspace, Facebook, Twitter, dan Digg, dan bagaimana menggunakannya dengan benar untuk membangun hubungan dengan penonton serta pengakuan brand, hanya akan menjadi lebih penting dan berharga di masa depan.

            D. Sofware yang Digunakan oleh Desain Grafis
1.      Corel Draw
      CorelDraw adalah software editor pengolah  grafis vektor yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation of Ottawa, Kanada. yang dinamakan Corel Graphics Suite, yang bundel CorelDraw dengan editor bitmap-gambar Corel Photo-Paint serta program grafis terkait lainnya . Versi terbaru yang dikeluarkan yaitu corel X8 (setara dengan versi 18), dan dirilis pada Maret 2016. Corel Draw dirancang untuk mengedit gambar dua dimensi seperti logo dan poster.

2.      Adobe Photoshop
         Adobe Photoshop adalah perangkat lunak (software) editor yang dibuat oleh Adobe Systems yang dikhususkan untuk mengolah gambar atau biasanya digunakan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh designer dan kebanyakan digunakan oleh para fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai software (perangkat lunak) pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto.

3.      Adobe Illustrator
     Adobe Illustrator adalah software editor grafis vektor yang dikembangkan dan dipasarkan Perusaan yang sama dengan photoshop yaitu Adobe Systems. Versi terbaru adalah adobe Illustrator CC, adalah generasi ketujuh belas dari produk ini.


KESIMPULAN
     Desain grafis merupakan peluang bisnis yang sangat menarik selain untuk menyalurkan hobi juga bisa untuk berbisnis. Untuk menjadi desainer grafis yang berhasil, harus mempunyaikerja keras, semangat, strategi bisnis yang tepat serta sikap profesionalitas yang kuat dalam meningkatkan kemampuannya.


REFERENSI
https://www.kaskus.co.id/thread/53a92b75dc06bde5698b45b0/ilmu-ilmu-yang-harus-dimiliki-seorang-desainer/
http://www.idseducation.com/articles/lima-kategori-dalam-desain-grafis/
http://yohansli-noya.blogspot.co.id/2013/04/desain-grafis-fungsikegunaan-kelebihan.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS Peluang Bisnis Desain Grafis"

Posting Komentar