Peluang Bisnis Service dan Jual Beli Komputer dan Laptop

Hallo slamat malam teman-teman semuanya, khususnya buat anak AMIKOM yang unyu-unyu, hehe. Untuk mencapai nilai A dalam mata kuliah lingkungan bisnis, maka kali ini saya akan menulis sebuah artikel yang berhubungan dengan lingkungan bisnis. Kali ini akan membahas mengenai bisnis servis komputer atau laptop.

Komputer merupakan sebuah alat yang canggih yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan yang berhubungan dengan dunia teknologi. Komputer dan laptop mempunyai fungsi yang sama, yang membedakan keduanya adalah dari segi fisiknya saja. Laptop mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan daripada komputer, sehingga bisa dibawa kemana-mana dan nyaman saat digunakan.

Kelebihan komputer adalah memiliki daya tahan yang lama saat digunakan, dan juga komputer merupakan salah satu perangkat yang mendukung untuk bermain game, baik game online maupun game offline. Komputer juga memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan laptop, oleh karena itu komputer masih menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi instansi pemerintahan maupun pribadi.

Laptop dalam penggunaannya memiliki batasan tertentu, karena laptop merupakan sebuah perangkat yang sebenarnya hanya digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan yang ringan-ringan saja. Misalnya menyelesaikan pekerjaan kantor, tugas sekolah, tugas kuliah, dan pekerjaan yang lainnya. Dan untuk daya tahan baterai laptop hanya berkisaran antara 1-3 jam untuk ukuran baterai yang masih bagus.

Banyak sekali ilmu yang berhubungan dengan komputer atau laptop ini. Dan mungkin saja semua ilmu itu bisa menghasilkan uang baik dalam jumlah kecil maupun dalam jumlah besar. Kita gambarkan satu saja ya, misalkan anda hanya menguasai ilmu menginstal ulang sistem operasi, maka rupiah tentunya akan mengalir ke kantong anda. Bagaimana caranya ? misalkan untuk 1 buah laptop atau komputer yang anda instal ulang akan dikenakan tarif Rp. 50.000, maka bayangkan saja jika ada 10 komputer yang anda instal ulang, maka akan menghasilkan Rp. 500.000. Bukannya itu sebuah pekerjaan yang menjanjikan ? tentunya iya. Semua ini membutuhkan kerja keras dan membutuhkan proses, dan juga anda harus pintar untuk menarik hati para pelanggan, agar nantinya mereka benar-benar percaya terhadap anda, maka insyaallah nantinya pelanggan-pelanggan itu akan mengajak teman-temannya untuk menginstal laptop atau komputernya kepada anda, karena meraka telah percaya terhadap kinerja anda. Masih banyak lagi contoh-contoh yang lainnya. 

Awal usaha
Cobalah memilih tempat yang strategis. Lebih diutamakan yang dekat dengan area kampus, dekat dengan jalan raya serta di tengah kota. Tidak usah menggunakan tempat usaha yang luas, ukuran 4x5 meter sudah sangat cukup untuk membuka usaha ini.

Setelah itu siapkan CPU dengan spek tinggi, Layar monitor untuk mencoba CPU service serta bisa juga ditambah dengan aksesoris komputer atau perangkat komputer seperti Cardreader, Hard Disk dll.

Mengumpulkan berbagai software komputer termasuk sistem OS windows. Aplikasi seperti office, pemutar musik, video, internet dan driver penting wajib anda miliki termasuk kumpulan permainan untuk bonus jika pelanggan memintanya. 

Pengembangan
Jika usaha anda semakin maju, mulailah membuka usaha jual beli laptop atau komputer. Atau bisa juga mencoba untuk mendaur ulang komputer, merakit komputer untuk kemudian anda jual. 

jangan ragu untuk membuka cabang, dengan catatan anda sudah memiliki satu cabang yang bisa berjalan dengan pondasi kuat sehingga tidak akan goyah meskipun anda telah memiliki cabang lain yang pastinya akan membuat pikiran anda semakin terbelah.

Kendala
kendala sebenarnya hanya masalah kualitas servise, untuk itu, usahakan agar memberi pelayanan yang baik kepada pelanggan dengan jaminan servise yang baik. Jangan menjanjika waktu yang sekiranya tidak dapat anda penuhi. Mainlah aman dan jangan rakus.

Evaluasi
Lakukan evaluasi kerja setiap bulan agar anda bisa terus memperbaiki bisnis anda. jangan hanya berfokus kepada pendapatan anda. lakukan selalu perbaikan agar pelanggan anda puas dengan jasa anda.

Sedekah
Bersedekahlah agar usaha anda semakin dimudahkan oleh sang Pemberi Rizki.

Analisa Usaha :

Analisa Keuangan
Investasi Awal
Sewa Tempat, Pemasangan listrik dll : Rp 30.000.000,00

Biaya Operasional
Listrik, telepon dan internet : Rp    600.000,00
Stok barang                         : Rp 6.000.000,00 +
Total                                      Rp 6.600.000,00

Omset per bulan 
Pendapatan biaya servis
Misal : Jumlah komputer yang dapat anda perbaiki rata rata 4 unit dengan tarif menyesuaikan harga umum maka.
Pendapatan dari servis komputer
(Rp 50.000,00 x 4 unit) x 30 hari                   Rp  6.000.000,00
Pendapatan penjualan sparepart / aksesoris
(Rp 50.000,000 x 3) x 30 hari                        Rp 4.500.000,00 +
Total                                                            Rp 10.500.000,00

Laba per bulan 
(Rp 10.500.000,00 -  Rp 6.600.000,00) = Rp  3.900.000,00

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Peluang Bisnis Service dan Jual Beli Komputer dan Laptop"

  1. Daftar Sekarang !!!Min Depo : Rp 25.000,-

    BONUS NEW MEMBER 10%
    BONUS HARIAN HINGGA 5%

    KETERANGAN LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    LIVE CHAT 24 JAM
    Line : HOBI4D
    Instagram : HOBI4D_COM
    Whatsapp : +6287769097331

    DISCOUNT TOGEL UNTUK PASARAN :
    NEW GUINEA – SINGAPORE – INDOSAT
    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.50% , 2D : 29.50%

    Discount untuk Pasaran :
    SYDNEY – HONGKONG
    Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.00% , 2D : 29.00%

    BalasHapus