Tugas Lingkungan Bisnis Amikom

Pada Awal semester 2 ada kuliah wajib yang harus di ikuti yaitu mata kuliah Lingkungan Bisnis, yang mana mata kuliah ini mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester 2 yang  berlangsung selama 5 hari.
Ada 7 materi yang saya peroleh dari lingkungan bisnis kemarin, yaitu :


  • Lingkungan Bahasa, Prof.Dr.Siti Chamamah
  • Lingkungan Sosial Budaya, Prof.Dr.M.Suyanto,MM
  • Lingkungan Pendidikan, Prof.Dr.Ki Supriyoko
  • Lingkungan Ekologi, Prof.Dr.HR Wasito
  • Lingkungan Teknologi, Prof. Dr. Sukanndarrumidi
  • Lingkungan Hukum, Dr. Mudzakkir
  • Lingkungan Ekonomi, Dr.Abidarin Rosidi,M.Ma

Setelah selesai mengikuti mata kuliah Lingkungan Bisnis saya diberi 2 tugas oleh ketua Universitas AMIKOM Yogyakarta Prof.Dr.M.Suyanto,MM yaitu:

1. MEMBUAT BLOG
    Penilaian Didasarkan Pada :
    a. ISI BLOG
    b. ADA LINK KE : www.amikom.ac.id
    c. JUMLAH FREKUENSI LINK KE : www.amikom.ac.id
    d. BERSIFAT INDIVIDU
2. MEMBUAT Karya ilmiah Peluang Bisnis, Terdiri dari :
    a. Nama, Abstrak, Isi dan Referensi dalam PDF dalam CD (Maksimum 5 Halaman)
    b. Bersifat Individu

Langsung saja kali ini saya akan menjelaskan tentang Lingkungan Bisnis
Apa sih itu Lingkungan Bisnis?
Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi Lingkungan Bisnis itu sendiri?

Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. Faktor – factor yang mempengaruhi tersebut tidak hanya dalam perusahaan (intern), namun juga dari luar (ekstern).
Oleh karena itu, lingkungan bisnis diklasifikasikan menjadi 2 macam, yaitu  :

Lingkungan Internal
    Segala sesuatu di dalam orgnisasi / perusahaan yang akan mempengaruhi organisasi / perusahaan tersebut.
Lingkungan Eksternal
  Segala sesuatu di luar batas-batas organisasi/perusahaan yang mungkin mempengaruhi organisasi/perusahaan.

A. LINGKUNGAN INTERNAL
Lingkungan Internal dipengaruhi oleh beberapa factor, yaitu :

Tenaga kerja (Man)
Modal (Money)
Material / bahan baku (Material)
Peralatan/perlengkapan produksi (Machine)
Metode (Methods)
Lingkungan internal ini biasanya digunakan untuk menentukan Strength(kekuatan) perusahaan, dan juga mengetahui Weakness (kelemahan) perusahaan.

B. LINGKUNGAN EKSTERNAL
Lingkungan eksternal dibagi menjadi 2, yaitu :

Lingkungan Mikro, dimana perusahaan dapat melakukan aksi – reaksi terhadap faktor – faktor penentu Opportunty (peluang pasar) dan juga Threat (ancaman dari luar).
Faktor – faktor yang mempengaruhi :

Pemerintah
Pemegang saham
(shareholders)
Kreditor
Pesaing
Publik
Perantara
Pemasok
Konsumen

Lingkungan Makro,dimana perusahaan hanya dapat merespon lingkungan di luar perusahaan.
Faktor – faktor yang mempengaruhi :

Lingkungan ekonomi
Lingkungan teknologi
Lingkungan politik-hukum (pemerintahan)
Lingkungan sosial kultur
Lingkungan global
Lingkungan bisnis
Teknologi dan informasi

Sekian penjelasan singkat dari pengertian Lingkungan Bisnis. Semoga bermanfaat :D

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tugas Lingkungan Bisnis Amikom"

Posting Komentar