Tugas Lingkungan Bisnis Amikom
Pada Awal semester 2 ada kuliah wajib yang harus di ikuti yaitu mata kuliah Lingkungan Bisnis, yang mana mata kuliah ini mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester 2 yang berlangsung selama 5 hari.
Ada 7 materi yang saya peroleh dari lingkungan bisnis kemarin, yaitu :
- Lingkungan Bahasa, Prof.Dr.Siti Chamamah
- Lingkungan Sosial Budaya, Prof.Dr.M.Suyanto,MM
- Lingkungan Pendidikan, Prof.Dr.Ki Supriyoko
- Lingkungan Ekologi, Prof.Dr.HR Wasito
- Lingkungan Teknologi, Prof. Dr. Sukanndarrumidi
- Lingkungan Hukum, Dr. Mudzakkir
- Lingkungan Ekonomi, Dr.Abidarin Rosidi,M.Ma
Setelah selesai mengikuti mata kuliah Lingkungan Bisnis saya diberi 2 tugas oleh ketua Universitas AMIKOM Yogyakarta Prof.Dr.M.Suyanto,MM yaitu:
1. MEMBUAT BLOG
Penilaian Didasarkan Pada :
a. ISI BLOG
b. ADA LINK KE : www.amikom.ac.id
c. JUMLAH FREKUENSI LINK KE : www.amikom.ac.id
d. BERSIFAT INDIVIDU
2. MEMBUAT Karya ilmiah Peluang Bisnis, Terdiri dari :
a. Nama, Abstrak, Isi dan Referensi dalam PDF dalam CD (Maksimum 5 Halaman)
b. Bersifat Individu
Langsung saja kali ini saya akan menjelaskan tentang Lingkungan Bisnis
Apa sih itu Lingkungan Bisnis?
Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi Lingkungan Bisnis itu sendiri?
Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang mempengaruhi aktivitas bisnis dalam suatu lembaga organisasi atau perusahaan. Faktor – factor yang mempengaruhi tersebut tidak hanya dalam perusahaan (intern), namun juga dari luar (ekstern).
Oleh karena itu, lingkungan bisnis diklasifikasikan menjadi 2 macam, yaitu :
Lingkungan Internal
Segala sesuatu di dalam orgnisasi / perusahaan yang akan mempengaruhi organisasi / perusahaan tersebut.
Lingkungan Eksternal
Segala sesuatu di luar batas-batas organisasi/perusahaan yang mungkin mempengaruhi organisasi/perusahaan.
A. LINGKUNGAN INTERNAL
Lingkungan Internal dipengaruhi oleh beberapa factor, yaitu :
Tenaga kerja (Man)
Modal (Money)
Material / bahan baku (Material)
Peralatan/perlengkapan produksi (Machine)
Metode (Methods)
Lingkungan internal ini biasanya digunakan untuk menentukan Strength(kekuatan) perusahaan, dan juga mengetahui Weakness (kelemahan) perusahaan.
B. LINGKUNGAN EKSTERNAL
Lingkungan eksternal dibagi menjadi 2, yaitu :
Lingkungan Mikro, dimana perusahaan dapat melakukan aksi – reaksi terhadap faktor – faktor penentu Opportunty (peluang pasar) dan juga Threat (ancaman dari luar).
Faktor – faktor yang mempengaruhi :
Pemerintah
Pemegang saham
(shareholders)
Kreditor
Pesaing
Publik
Perantara
Pemasok
Konsumen
Lingkungan Makro,dimana perusahaan hanya dapat merespon lingkungan di luar perusahaan.
Faktor – faktor yang mempengaruhi :
Lingkungan ekonomi
Lingkungan teknologi
Lingkungan politik-hukum (pemerintahan)
Lingkungan sosial kultur
Lingkungan global
Lingkungan bisnis
Teknologi dan informasi
Sekian penjelasan singkat dari pengertian Lingkungan Bisnis. Semoga bermanfaat :D
0 Response to "Tugas Lingkungan Bisnis Amikom"
Posting Komentar